Ketika Kecemasan Datang Menghampiri

Cemas…deg-degkan dan stress sudah pasti terjadi dan dialami oleh hampir seluruh siswa-siswa yang akan menghadapai Ujian Nasional baik ditingkat SD, SMP maupun SMA/SMK. Demikian pula yang dialami oleh siswa-siswa SMK Tekno-Sa dan MA Al-Islam Surakarta.

Oleh sebab itu, kami dari team psikologi Univesitas Setia Budi Surakarta yang dimotori oleh Pak. Sujoko dan Bu Istiana mencoba melakukan sebuah usaha untuk setidaknya mengurangi tekanan psikologis pada siswa menjelang ujian nasional dengan melakukan training motivasi yang bertemakan “Mental Building; Sebuah upaya membangun kesiapan mental guna menghadapi ujian akhir nasional”.

Dengan adanya upaya ini diharapkan siswa akan lebih tenang dalam menghadapi ujian nasional. karena dengan ketenangan soal-soal yang sulit pun akan mungkin dengan mudah untuk dapat diselesaikan oleh siswa.

Jadi yang perlu disiapkan oleh siswa untuk menghadapi ujian ini adalah 2M:  M1 adalah materi , dan M2 adalah Mental.

Selain Penguasaan materi, kesiapan mentalpun harus disiapkan oleh siswa. karena apalah artinya  sebuah kesiapan dalam bentuk materi apabila tidak diiringi dengan kesiapan mental, yang ada hanyalah rasa cemas dan takut.

So….wahai adik-adikku, yakin dan percayalah bahwa kamu bisa. karena dengan adanya keyakinan tersebut akan sangat membantu kamu dalam menghadapi ujian nasional. Ingatlah pepatah arab yang mengatakan “man jadda wa jada” barang siapa yang berusaha pasti dia bisa….Good luck.

By psikologi

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s